Friday, August 23, 2024

Lepaskanlah kami dari pada yang jahat

Setelah manusia jatuh ke dalam dosa, maka iblis beroleh jalan masuk ke dalam dunia dengan merajalela. Iblis memakai manusia untuk melakukan berbagai kejahatan, sehingga berkali-kali Allah ingin memusnahkannya.  Kejadian 6:6-7 dikatakan bahwa Allah menyesal, misal menara Babel, Nuh, dll.


Iblis telah membelokkan hati manusia 


Roma 1:25 Sebab mereka menggantikan kebenaran Allah dengan dusta dan memuja dan menyembah makhluk dengan melupakan Penciptanya yang harus dipuji selama-lamanya, amin.


Iblis telah menjadi Bapa dusta bagi manusia.

Yohanes 8:44 Iblislah yang menjadi bapamu dan kamu ingin melakukan keinginan-keinginan bapamu. Ia adalah pembunuh manusia sejak semula dan tidak hidup dalam kebenaran, sebab di dalam dia tidak ada kebenaran. Apabila ia berkata dusta, ia berkata atas kehendaknya sendiri, sebab ia adalah pendusta dan bapa segala dusta.


Lepaskanlah kami dari pada yang jahat.

Pada waktu manusia di bawah kuasa dosa, dia tidak menyadari bahwa dirinya ada dalam kontrol si jahat, sampai Roh Kudus menginsyafkannya.

Oleh sebab itu, kita tdk boleh menyepelekan dia.

Dia Bapa segala dusta.


1. Siapa Bapa kita? Kita harus menyadari bahwa kita tidak lagi berada di bawah kuasa iblis.

1 Petrus 1:14 Hiduplah sebagai anak-anak yang taat dan jangan turuti hawa nafsu yang menguasai kamu pada waktu kebodohanmu, 


2. Hidup dalam kebenaran. Kebenaran adalah saringan dalam hidup kita, dalam mengambil keputusan kita, karena kebenaran itu yang memerdekakan kita.


Roma 8:2  Roh, yang memberi hidup telah memerdekakan kamu dalam Kristus dari hukum dosa dan hukum maut. 


Yakobus 1:25 Tetapi barangsiapa meneliti hukum yang sempurna, yaitu hukum yang memerdekakan orang, dan ia bertekun di dalamnya, jadi bukan hanya mendengar untuk melupakannya, tetapi sungguh-sungguh melakukannya, ia akan berbahagia oleh perbuatannya.


Mari kita pikir apa saja yg telah membuat kita terikat oleh yg jahat?

Doakanlah itu, jujurlah kepada mentor rohani, saringlah apakah itu hanya nafsu atau ada bimbingan Roh dan kebenaran.


Lepaskanlah kami dari pada yang jahat ya Tuhan...

No comments: