Resources

Thursday, May 16, 2024

The Soul of The Firm - Sebuah Catatan Pendahuluan



The Soul of The Firm by Bill Pollard

 


Bill Pollard bergabung dengan ServiceMaster pada tahun 1977 dan telah menjabat tidak hanya sekali tetapi dua kali sebagai Chief Executive Officer. Beliau juga menjabat sebagai Ketua Dewan Direksi sejak tahun 1990 hingga April 2002 dan saat ini menjabat sebagai penasihat Perusahaan.

Selama kepemimpinannya di Perusahaan, ServiceMaster diakui oleh majalah Fortune sebagai perusahaan jasa #1 di antara Fortune 500 dan juga termasuk sebagai salah satu perusahaan yang paling dikagumi. Selama periode ini, ServiceMaster juga diidentifikasi sebagai “bintang masa depan” oleh The Wall Street Journal dan diakui oleh Financial Times sebagai salah satu perusahaan paling dihormati di dunia. Perusahaan juga mencapai kepemimpinan pasar di setiap pasarnya dan pertumbuhan substansial dalam nilai pemegang saham.

 

Selain pekerjaannya di ServiceMaster, Bill pernah menjabat sebagai direktur Herman Miller, Inc. dan juga di sejumlah organisasi pendidikan, keagamaan, dan nirlaba, termasuk Central DuPage Health, Wheaton College, The Drucker Institute, dan Asosiasi Penginjilan Billy Graham.

 

Pengalaman bergabung dengan ServiceMaster

C. William Pollard sebelumnya adalah seorang pengacara, kemudian bergabung dengan ServiceMaster sebagai eksekutif senior. Beliau menceritakan bagaimana beliau ditharuskan untuk memulai kariernya dengan bekerja sebagai petugas kebersihan di Rumah Sakit. Hal ini memberikan Pelajaran yang sangat mendalam tentang  kepemimpinan yang melayani, belajar tentang manusia, belajar perasaan dan emosi para pekerja garis depan.

Selanjutnya kami melakukan hal yang sama setahun sekali yang kami namakan “hari melayani” yaitu hari di mana semua eksekutif turun untuk melayani customer di garis depan, hal ini membuat kami terhubung dengan kenyataan

 

Kami yakin bahwa:

Manusia menyediakan kehidupan, vitalitas, hati nurani dan jiwa Perusahaan.

 

Beberapa tokoh memberi pendapat tentang ServiceMaster.

 

Peter Drucker – the father of modern-day management

“we (they) are also a firm that “has made a business of the training and developing of people”

Kami juga Perusahaan yang berbisnis dalam bidang pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia.

 

Jim Heskett of Harvard Business School

Has broken the cycle of failure and has basically reeingineered jobs, provide training to people, and attempted to deliver a level of self-seteem that many workers have never had in the past.

Kami adalah Perusahaan yang telah memutus siklus kegagalan dan pada dasarnya merekayasa ulang pekerjaan, memberi pelatihan kepada Masyarakat dan berusaha untuk memberikan tingkat harga diri yang belum pernah dimiliki banyak pekerja di masa lalu.

Service Master memiliki lebih dari 200.000 karyawan, lebih dari 5juta pelanggan di 30 negara. Bursa Efek NY lebih dr 50.000 pemegang saham. Nilai lebih dr 3 milyar USD. Dengan merk dagang Service Master, Trugreen, Chemlawn, Terminix, Merry Maids dan American Home Shield.

 

Buku ini bukan sekedar buku tentang cara menghasilkan uang atau buku kepemimpinan tetapi buku tentang manusia dan pekerjaan mereka. Ini tentang orang-orang yang membentuk jiwa Perusahaan.

 

Pertanyaan yang jarang dipertanyakan oleh Perusahaan adalah: Apakah tuntutan Perusahaan untuk menghasilkan keuntungan konsisten dengan perkembangan manusia?

Di Service Master, tugas kami adalah melatih dan memotivasi orang untuk melayani sehingga mereka akan melakukan pekerjaan lebih efektif, menjadi lebih produktif dalam pekerjaan mereka dan bahkan menjadi orang yang lebih baik.

Uang itu seperti pupuk kendang. Semakin banyak Anda menumpuk, baunya tidak akan lebih enak. Jika kita hanya berfokus pada keuntungan, kita akan menjadi Perusahaan yang gagal memelihara jiwanya.

Money is like manure. It doesn’t smell any better the more you pile it up. If we focused exclusively on profit, we would be a firm that had failed to nurture its soul.

 

Tujuan Perusahaan kami terukir di lobby kantor pusat kami, yaitu:

Menghormati Tuhan dalam segala yang kita lakukan. To honor God in all we do

Membantu orang berkembang. To help people develop

Mengejar keunggulan. To pursue excellence

Bertumbuh dalam keuntungan. To grow profitably

 

Ini adalah seperangkat prinsip hidup yang memungkinkan kita menghadapi kesulitan dan kegagalan. Ini menjadi acuan, alasan dan harapan atas segalanya.

 

Bahasa Tuhan ini membuat orang tertarik dan bertanya-tanya. Service Master adalah kendaraan untuk pekerjaan Tuhan. Lagipula mendapat untung dalam bisnis bukanlah suatu dosa.

Keuntungan adalah sarana yang Tuhan beri untuk digunakan dan diinvestasikan, bukan untuk disembah. Keuntungan adalah ukuran sah atas usaha kita. Dan menjadi kelangsungan hidup pribadi, keluarga maupun organisasi.

 

Apa pun titik awalnya, prinsip yang bisa dipegang semua orang adalah martabat dan nilai setiap orang – setiap pekerja.

Regardless of your starting point, the principle that can be embraced by all is the dignity and worth of every person – every  worker.

 

Tantangan saya sehari-hari bukan hanya berbicara tentang iman saya, tapi untuk menghayati iman saya dengan cara saya mengenali dan memperlakukan orang lain, termasuk mereka yang tidak sependapat dengan saya atau keyakinan saya. Seperti yang diungkapkan langsung oleh pendiri kami, Marion Wade, jika saya tidak menjalaninya, saya tidak percaya

 

Karyawan bisa melihat perkembangan Perusahaan sejalan dengan perkembangan dirinya.

 

Pelajaran yang diperoleh Bill Pollard:

1) untuk menghargai setiap orang sebagai individu dengan keterampilan dan bakat unik;

(2) mengenali manfaat dan realitas keberagaman;

(3) untuk memanfaatkan kekuatan tujuan bersama;

(4) merayakan pekerjaan, produktivitas, dan keuntungan;

(5) mendorong pemberdayaan, kepemilikan, dan akuntabilitas;

(6) menyadari bahwa pembelajaran adalah pengalaman seumur hidup;

(7) menuntut kepemimpinan, pelayanan dengan memberi contoh; dan

(8) menerima dan mengembangkan kemampuan orang biasa serta mengharapkan kinerja yang luar biasa.

 

Perkembangan Service Master saat ini bisa dilihat di website mereka: https://www.servicemaster.com/


Sekian dulu sharing saya. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment